Powered By Blogger

Sabtu, 26 September 2009

Persiapan Mudik Jakarta Semarang 2009


Hampir sebulan saya mempersiapkan motor untuk mudik. Untuk benar-benar memastikan motor dalam kondisi yang baik karena berangkat pada H-2 yang murupakan puncak arus mudik. Dan mudik 2009 ini adalah mudik mudik motor terpadat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Pertama-tama saya melakukan penyetelan velg belakang,velg di setel menarik ke sebelah rantai kurang lebih 0,5cm. Karena saya akan menggunakan arm standar scorpio. Untuk Ban 130 velg 3.5 harus dilakukan modifikasi seperti ini karena jika tidak ban akan bergesekan dengan arm sebelah kanan. Saya melakukan modifikasi ini di bengkel stel velg di pasar minggu. Karena posisi ban sudah mepet ke rantai maka agar tidak bergesekan dengan tutup rantai, dilakukan pencoakan setengah di bagian yang sejajar dengan ban.
Penggantian ke arm standar ini karena kurang nyaman jika menggunakan arm kumis, selain posisinya yang nungging juga bantingannya yang keras jika mengendarai sendiri. Penggantian dari arm ini di bengkel variasi di jalan ragunan sekalian membeli velg depan untuk mengganti velg depan saya yang retak, untuk velg depan saya memakai merek camp. Membeli velg ini harus teliti, terutama di sambungannya, jangan sampai ada retak atau sambungan yang kasar.
Setelah velg depan selesai dipasang dan di stel, berlanjut ke servis mesin dan ganti oli di bengkel Yamaha mampang. Hati-hati ketika membuka karburator jangan sampai karet penutup setelan angin di bagian atas karburator hilang, karena lumayan sulit untuk mendapatkannya.
Biar tampang lebih keren lagi, dipasang spakbor depan ninja 250 di bengkel variasi ragunan sekalian mengganti kunci kontak nazi ke standarnya karena sering trouble. Mungkin karena lubang anak kunci yang terbuka sehingga masuk air yang akhirnya meniimbulkan karat.
Kemudian yang paling vital, tidak lupa rantai diganti baru, selain karena umur motor yang sudah hampir tahun, frekuensi pemakaian motor juga sering. Setiap hari kerja pulang pergi kantor 20 km. Untuk rantai memakai indopart 428 panjang 128 mata, tidak memakai standarnya karena selain mahal juga posisi ban yang sudah agak mundur agar tidak bergesekan dengan arm.